blog-img
16/04/2021

SOSIALISASI SMK MBANGUN DESA DAN SHOWCASE TEACHING FACTORY SMK NEGERI 1 PRINGAPUS

humas | Seputar SMK N 1 PRINGAPUS

Jumat, 16 April 2021

SMK Negeri Pringapus pada Kamis, 8 April 2021 menyelenggarakan “Sosialisasi SMK Mbangun Desa dan Showcase Teaching Factory (TEFA).  Launching SMK Mbangun Desa untuk wilayah Kabupaten Semarang dihadiri oleh perwakilan Bupati Kabupaten Semarang, Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bapak Bondan Maruto Hening, Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Provinsi Jawa tengah Bapak Budi Santosa, S.Pd., M.Pd., M.Si,  Pemerintah Daerah Pringapus beserta Kepala Desa Wilayah Pringapus, serta Kepala Sekolah SMK se Kabupaten Semarang.  Acara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

SMK “MBANGUN DESA” merupakan salah satu program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) yang memiliki tujuan membangun kerja sama antara pemerintah desa dengan SMK. Program ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan desa dengan peran serta dari SMK baik siswa yang masih sekolah, guru, karyawan serta lulusan. Di masa yang akan datang, program ini diharapkan bisa diterapkan di seluruh Indonesia.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pringapus Ibu Farida Fahmalatif, S.Pd., M.Pd.,.”Lulusan SMK siap terjun membangun desa dengan menerapkan skill yang telah didapat selama di sekolah”, tuturnya. Beliau juga mengatakan bahwa kurikulum di SMK sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja. SMK berkomitmen dalam menjalankan kegiatan "Mbangun Desa" dengan mencetak lulusan generasi muda yang unggul dan kompeten bagi masyarakat.

Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Provinsi Jawa tengah Bapak Budi Santosa, S.Pd., M.Pd., M.Si,  mengungkapkan bahwa SMK Mbangun Desa adalah solusi sederhana yang bisa dilakukan oleh anak bangsa terutama SMK yang akan mampu membuat bangsa Indonesia tidak hanya bisa ikut serta dalam persaingan global tetapi juga bisa memenangkannya. “SMK Mbangun Desa pada hakekatnya adalah membangundan memperkuat kemandirian dan jati diri bangsa”, tuturnya pula.

Selanjutnya, Dr. Marlock, selaku Founder SMK Mbangun Desa menerangkan secara detail mengenai konsep dan pelaksananaan program ini. “SMK Mbangun Desa mewujudkan sinergi antar SMK dengan desa terdekat untuk menjadi lebih produktif dan kompetitif sehingga berhasil mendirikan pusat industri desa”, ujar beliau. Beliau juga mengatakan bahwa sudah saatnya SMK-SMK terutama SMK Negeri 1 Pringapus beserta desa-desa di kecamatan Pringapus untuk mengikatkan diridengan perjanjian untuk meningkatkan SDM unggul yang mampu menggali potensi perekonomian desa, menuju desa mandiri dan sejahtera untuk menguatkan pembangunan nasional.

Setelah kegiatan Launching SMK Mbangun Desa ini diharapkan tiap SMK di wilayah Kabupaten Semarang mampu menjalankan program ini dengan sebaik-baiknya, berkolaborasi dengan pemerintah daerah demi mencapai tujuan pembangunan desa yang lebih baik lagi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pringapus Ibu Farida Fahmalatif, S.Pd., M.Pd., meluncurkan Teaching Factory (TEFA) dibawah bimbingan dari PT ESTIMA. Kompetensi keahlian Multimedia akan merakit Interactive Intelligent Panel, laptop serba bisa creative production. Sedangkan kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor akan berkonsentrasi pada mobile-service sepeda motor dan perakitan kendaraan listrik serbaguna. Dengan launching tersebut sekaligus melengkapi STEFANI by SMK N 1 Pringapus yang merupakan brand TEFA Tata Busana yang terlebih dahulu hadir dengan produksi kain dengan teknik shibori, eco print dan shuminagasi, clothing line, tote-bag, dan lainnya.

 

#smkn1pringapus
#smkmbangundesa
#smkbisa
#vokasikuatmenguatkanindonesia
#smkhebat
#smkcoe

Bagikan Ke:

D

DANANG
16 Apr 2021 10:44

SANGAT RUAR BIASAAAAAAA SMK PRINGAPUS


R

Rona Anggani
16 Apr 2021 10:48

Sukses selalu SNIPER


E

Elvi
16 Apr 2021 13:28

smk bisa!!!1


Populer