• SMK NEGERI 1 PRINGAPUS
  • Excellence (EXtraordinary, CreativE, CoLLaborativE, aNd CarE)

“BK Bukan Polisi Sekolah”

Sebelum kita  masuk ke materi inti, mungkin banyak sekali diantara kalian yang masih bingung atau belum kenal yang namanya Bimbingan Konseling atau BK. Pernah dengar nama BK tapi belum tahu banyak tentang BK, karena banyak sekali beredar info-info yang salah mengenai BK. Ada yang bilang bahwa BK itu tempatnya anak-anak nakal dihukum, kalau ketahuan merokok, berkelahi, malas, bolos, ya di ruang BK itu anak tersebut dihukum dan guru BK nya sangat galak dan serem. Kejadian tersebut menunjukkan seolah-olah guru BK adalah Polisi Sekolah. Padahal pandangan tersebut adalah keliru. Sekali lagi penulis ulangi pandangan tersebut adalah keliru, guru BK bukanlah Polisi Galak yang selalu mencurigai dan menangkap siapapun yang bersalah.  Justru Guru BK adalah sahabat bagi siswa. Kenapa? Karena Guru BK adalah kawan kepercayaan siswa untuk berbagi tentang apa yang dirasakan siswa.

Inilah GURU BK yang sebenarnya???

  • Guru BK senantiasa menghargai apapun keluhanmu
  • Guru BK akan selalu menerima dirimu dengan segala permasalahanmu
  • Guru BK selalu peduli dengan setiap masalahmu
  • Guru BK akan selalu mencoba memahami masalahmu, serta yang tidak kalah pentingya adalah
  • Guru BK bisa dipercaya menjaga rahasia-rahasiamu

So, jangan ragu ya untuk menemui dan berkonsultasi dengan guru BK, dan jangan takut untuk masuk ke ruang BK , sekali lagi masuk ke ruang BK bukanlah aib. Kegiatan layanan BK diperuntukkan kepada semua siswa  dan tidak ada diskriminatif dalam layanan BK, jadi BK tidak hanya untuk siswa yang bermasalah saja. Karena BK merupakan proses individuasi artinya setiap diri kalian adalah unik dan berbeda sehingga melalui Bimbingan Konseling kalian dibantu untuk menjadi diri kalian sendiri secara utuh dan mampu mengembangkan nilai-nilai positif yang ada pada diri kalian dan lingkungan kalian. Pandangan keliru selanjutnya adalah menyamakan BK dengan mata pelajaran. Jadi, jangan lagi nanti bertanya Bu mapel BK ada tugas kah? Atau hari ini pelajaran BK kah bu? Tetapi bertanyalah seperti ini “ Bu, kita materi BK hari ini tentang apa ya ?” karena BK bukanlah mapel atau mata pelajaran, BK tidak memberikan tugas sehingga BK tidak memberikan penilaian buat kalian baik itu penilaian pengetahuan maupun penilaian keterampilan. tetapi BK selalu mendukung keberhasilan kalian dalam bidang akademik maupun non akdemik, karena BK adalah bagian dari pendidikan. BK tidak dapat berdiri sendiri, BK harus bekerjasama dan berkolaborasi dengan semua komponen pendidikan, yaitu, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru mata pelajaran, wali kelas, orang tua dan tenaga ahli.

Pandangan keliru berikutnya adalah menyamakan profesi Guru BK dengan dokter atau psikiater, nah itu juga salah besar, karena yang dihadapi oleh guru bk adalah siswa-siswa normal bukan siswa sakit atau mengalami gangguan kejiwaan. Jika ada siswa yang sakit atau yang mengalami gejala kejiwaan, contohnya depresi berat maka Guru BK akan melakukan referral atau alih tangan kepada tenaga ahli seperti psikolog, psikiater dan sebagainya. Karena sudah bukan ranah guru BK.

Nah, dari tadi kita membahas tentang sosok guru BK, sekarang kita juga harus tau apa itu BK

BK adalah singkatan dari Bimbingan dan Konseling

Bimbingan adalah pelayanan bantuan kepada peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok agar kalian mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, sosial, belajar, dan perencanaan karir melalui jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma-norma yang berlaku. Kegiatan bimbingan pada umumnya dapat dilakukan secara klasikal dan kelompok dan bersifat umum atau tidak rahasia. Sedangkan Konseling adalah hubungan profesional yang dilakukan secara tatap muka antara konselor dan konseli Konselor adalah guru BK sedangkan konseli adalah kalian, tujuannya  untuk membantu konseli atau kalian memahami dan memperjelas pandangan terhadap ruang lingkup hidupnya sehingga dapat membuat pilihan yang bermakna bagi dirinya. Dalam konseling Tanggung jawab penyelesaian masalah ada ditangan siswa, artinya siswa yang membuat keputusan untuk penyelesaian masalahnya.

Winkel (2005:34) mendefinisikan konseling sebagai serangkaian kegiatan paling pokok dari bimbingan dalam usaha membantu konseli/klien secara tatap muka dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap berbagai persoalan atau masalah khusus.

Prayitno, dkk. (2003) mengemukakan bahwa bimbingan dan konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku.

Ada beberapa fungsi dari layanan Bimbingan Konseling, secara umum akan kita bahas empat fungsi Bimbingan Konseling

Fungsi yang pertama adalah fungsi pemahaman, maksudnya adalah layanan bimbingan konseling ditujukan agar kalian memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap diri kalian dan lingkungan kalian, baik lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan sekolah dan masyarakat

Fungsi yang kedua dari bimbingan konseling adalah fungsi pencegahan, yaitu membantu kalian dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan timbulnya masalah dan berupaya untuk mencegahnya supaya kalian tidak mengalami masalah dalam kehidupan kalian

Fungsi yang ketiga dari Bimbingan konseling adalah fungsi perbaikan dan penyembuhan, maksudnya adalah membantu kalian agar dapat memperbaiki kekeliruan berfikir, berperasaan, berkehendak, dan bertindak. Guru BK akan memberikan perlakuan terhadap kalian supaya kalian memiliki pola fikir yang rasional dan memiliki perasaan yang tepat sehingga kalian mampu merencanakan dan melaksanakan tindakan produktif dan normative.

Fungsi yang ke empat adalah fungsi pengembangan yaitu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang memfasilitasi perkembangan kalian melalui pembangunan jejaring yang bersifat kolaboratif.

Nah sebenarnya masih ada beberapa fungsi lainnya dari Bimbingan Konsleing, tapi untuk saat ini empat fungsi itu saja dulu yang kita bahas dan yang terpenting kalian jangan salah paham lagi mengenai haikat Bimbingan dan Konseling di sekolah. Masih ingin kenal lebih dalam lagi tentang bimbingan konseling? Yuk, kita intip apa tujuan dari layanan bimbingan konseling.

Tujuan Layanan Bimbingan Konseling.  Tujuan umum dari kegiatan layanan bimbingan dan konseling adalah membantu peserta didik agar dapat mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya serta menjalankan tugas-tugas perkembangannya yang mencakup aspek pribadi, sosial, belajar, karir secara utuh dan optimal. Tujuan Khusus layanan bimbingan konseling adalah  membantu peserta didik agar mampu

  1. Memahami dan menerima diri dan lingkungannya
  2. Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir, dan kehidupannya dimasa yang akan dating
  3. Mengembangkan potensinya seoptimal mungkin
  4. Menyesuaikan diri dengan lingkungannya
  5. Mengatasi hambatan atau kesulitan dalam kehidupan
  6. Mengaktualisasikan diri secara bertanggung jawab.

Asas – asas dalam layanan Bimbingan Konseling

  1. Asas Kerahasiaan, yaitu asas layanan yang menuntut konselor atau guru bimbingan konseling merahasiakan segenap data dan keterangan tentang peserta didik sesuai dengan kode etik bimbingan konseling
  2. Kesukarelaan, yaitu asaskesukaan dan kerelaan peserta didik mengikuti layanan yang diperlukannya
  3. Keterbukaan, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang bersifat terbuka dan tidak berpura-pura dalam memberikan dan menerima informasi.
  4. Keaktifan, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling kepada peserta didik yang memerlukan keaktifan dari kedua belah pihak
  5. Kemandirian, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang merujuk pada tujuan agar peserta didik mampu mengambil keputusan pribadi, belajar, sosial, dan karir secara mandiri.
  6. Kekinian, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang berorientasi pada perubahan situasi dan kondisi masyarakat.
  7. Kedinamisan, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang berkembang dan berkelanjutan ya ng memandang tentang hakikat manusia, kondisi-kondisi perubahan perilaku, serta proses dan teknik bimbingan konseling sejalan perkembangan ilmu bimbingan konseling.
  8. Keterpaduan, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang terpadu antara tujuan bimbingan konseling dengan tujuan pendidikan dan nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi dan dilestarikan oleh masyarakat.
  9. Keharmonisan, yaitu asas layanan guru bimbingan konseling yang selaras dengan visi dan misi sekolah, nilai dan norma kehidupan yang berlaku di masyarakat.
  10. Keahlian, yaitu asas guru bimbingan konseling berdasarkan atas kaidah-kaidah akademik dan etika professional, dimana layanan bimbingan dan konseling hanya dapat diampu oleh tenaga ahli bimbingan konseling.
  11. Tut wuri handayani, yaitu asas pendidikan yang mengandung makna bahwa guru bimbingan konseling sebagai pendidik harus memfasilitasi setiap peserta didik untuk mencapai tingkat perkembangan yang utuh dan optimal.

Jadi, sekali lagi penulis tekankan jangan pernah ragu atau pun takut untuk menghubungi  guru BK kalian, karena BK ADALAH SAHABAT SISWA.

Oleh: Deni Ayuning Kumala, S.Psi

Komentar

Miskonsepsi masyarakat terhadap guru bk harus kembali diedukasi salah satunya dengan post seperti ini

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
CLASSMEETING AJARAN GANJIL 2023/2024 SMKN 1 PRINGAPUS

Haii sobat SNIPER??!! Akhirnya SAS pembelajaran semester ganjil udah berakhir,yang kita mulai dari tanggal 21 November 2023 - 29 November 2023. Class meeting adalah program kegiatan ya

12/02/2024 10:56 - Oleh Sosmed Sniper - Dilihat 451 kali
Peringatan hari gizi SMK N 1 Pringapus, sehat kuat bersama sobat sniper

HAI SOBAT SNIPER??!! Setiap tahun pada tanggal 25 Januari, Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional. Hari Gizi Nasional diperingati sebagai momentum untuk meningkatkan kepedulian masy

29/01/2024 16:54 - Oleh Sosmed Sniper - Dilihat 416 kali
LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) OSIS SMKN 1 PRINGAPUS PERIODE 2023/2024

HAI SOBAT SNIPER?!! Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Salah satu tujuan latihan ke

05/01/2024 07:48 - Oleh Sosmed Sniper - Dilihat 792 kali
DIVISI SOSIAL MEDIA SMK N 1 PRINGAPUS RESMIKAN ANGKATAN KE 4.

Halo sobat SNIPER??!! Latihan Dasar Kepemimpinan atau Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau Latihan Dasar Kepimpinan Organisasi adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang be

03/01/2024 15:10 - Oleh Sosmed Sniper - Dilihat 459 kali
BELAJAR MENJADI MENYENANGKAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN GAMIFIKASI ( Oleh : Rizka Silviana,S.Pd ) 03 September 2023

Siswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan SMK merupakan anak generasi Z. Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1996 sampai dengan tahun 2012. Karakter gene

27/12/2023 07:47 - Oleh Sosmed Sniper - Dilihat 475 kali
SMK N 1 PRINGAPUS KEMBALI BEDAMPAK BAGI MASYARAKAT : WAKIL BUPATI BERIKAN APRESIASI BAIK

SMK N 1 PRINGAPUS  kembali memberikan dampak yang luar biasa untuk masyarakat sekitar. Setelah beberapa waktu lalu melaksanakan kegiatan Ujian Sekolah berbasis projek dengan memanf

28/11/2023 12:25 - Oleh Sosmed Sniper - Dilihat 193 kali
SMK N 1 PRINGAPUS KEMBALI BEDAMPAK BAGI MASYARAKAT : WAKIL BUPATI BERIKAN APRESIASI BAIK

SMK N 1 PRINGAPUS  kembali memberikan dampak yang luar biasa untuk masyarakat sekitar. Setelah beberapa waktu lalu melaksanakan kegiatan Ujian Sekolah berbasis projek dengan memanf

28/11/2023 12:20 - Oleh Sosmed Sniper - Dilihat 188 kali
FESTIVAL DOLANAN BOCAH : P5 KEARIFAN LOKAL SMK N 1 PRINGAPUS

SMK N 1 Pringapus adakan kegiatan Festival Dolanan Bocah 5 hari berturut-turut. Dalam rangka penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila tema kearifan lokal, Tim P5 kelas X dan

29/08/2023 11:39 - Oleh smkn 1 pringapus - Dilihat 422 kali
Bantara Dewi Sartika Kujang Karno laksanakan PERJUSA 2023

Pada hari Jum'at sampai Sabtu tanggal 10 sampai 11 Agustus 2023 pramuka SMK N 1 Pringapus Dewi Sartika Kujang karno mengadakan perkemahan penerimaan tamu ambalan baru . Peserta didik ya

29/08/2023 08:14 - Oleh smkn 1 pringapus - Dilihat 278 kali
PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA : BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA

Pada hari Jum’at 28 Juli 2023 menjadi hari penutupan rangkaian kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bertemakan bangunlah jiwa dan raganya. Kegiatan yang telah berlan

25/08/2023 13:41 - Oleh smkn 1 pringapus - Dilihat 335 kali